PENGOBATAN FENOMENAL DARI BEKAM ALA TIBBUN NABAWI

0

wakafilmunusantara.com, Yordania – Agama Islam merupakan agama yang sempurna, termasuk juga dalam hal pengobatan. Hal ini yang harusnya membuat semua umat Islam hendaknya membuka mata hati untuk melihat khazanah bentuk pengobatan ini yang disampaikan oleh manusia yang paling mulia di atas muka bumi ini yaitu Rasulullah SAW, karena semua ucapan beliau adalah wahyu yang Allah turunkan kepada Rasulullah SAW.

Salah satu bentuk pengobatan yang Rasulullah sampaikan adalah bekam, kenapa harus bekam? alasannya sederhana, karena bekam disebutkan dalam kitab termulia setelah Al Qur’an yaitu Shahih Bukhari Muslim.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الشِّفَاءُ فِي ثَلَاثَةٍ فِي شَرْطَةِ مِحْجَمٍ أَوْ شَرْبَةِ عَسَلٍ أَوْ كَيَّةٍ بِنَارٍ وَأَنَا أَنْهَى أُمَّتِي عَنْ الْكَيِّ [رواه البخاري].

Dari Ibnu Abbas bahwa nabi SAW, beliau bersabda: “Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara. pertama dengan sayatan alat bekam, kedua minum madu, ketiga dengan besi panas dan aku tidak menganjurkan ummatku melakukan pengobatan dengan besi panas”.

Hadits tersebut di Takhrij Ahmad nomor 4742, Al Bukhari nomor 5359 dan Muslim nomor 2205.

SEJARAH BEKAM

Metode Pengobatan bekam atau hijamah termasuk salah satu metode pengobatan klasik yang sudah dikenal di kalangan bangsa Cina sejak 4000 SM, Mesir kuno sejak 3200 SM, India sejak 3000 SM, Yunani, Romawi, Persia dan Arab. Jejak sejarah pengobatan bekam dapat ditelusuri lewat peninggalan dinasti raja-raja Fir’aun, berupa peninggalan gambar-gambar dalam kuburan King Thot Enoch Amon (1333-1323 SM) dan relief di kuil Kom Ombo.

Di sini terpampang secara jelas gambaran rumah sakit yang terbesar pada zaman itu. Di samping itu juga ditemukan berbagai jenis piala tembaga di ruang-ruang khusus untuk raja Fir’aun, ada pula alat lain yang terbuat dari bambu. Yang paling mencolok ditemukannya beberapa buah tanduk hewan yang bagian ujungnya dilubangi untuk menyedot darah dengan menggunakan mulut. Bahkan bangsa Mesir kuno dikenal sebagai orang yang pertama kali menggunakan gelas kaca untuk melakukan penyedotan kulit dengan cara meletakkan kapas yang dibakar di dalamnya. Mereka juga dikenal sebagai pengguna lintah untuk pengobatan.

Pada tahun 1973 ditemukan sebuah buku pengobatan yang lembarannya terbuat dari kain sutra di area kuburan dinasti Han. Di dalamnya disebutkan bahwa bekam dilakukan untuk menyembuhkan penyakit sesak napas. Mereka juga menggunakan gelas kaca yang diberi api untuk sarana pengobatan, terutama untuk berbagai jenis penyakit artritis dan alergi udara dingin. Pada mulanya bangsa Cina Kuno menerapkan bekam dengan melakukan sayatan yang panjang di medan bekam. Kemudian mereka mengubahnya menjadi torehan kecil. Tapi kemudian berubah lagi menjadi tusukan menggunakan jarum akupuntur.

Dialog antara Al-Harits bin Kaldah, seorang ahli pengobatan bangsa Arab (Jahiliyah) yang berasal dari Tha’if dengan Kisra Anusyirwan raja Persi mengenai metode pengobatan bekam, juga menjadi bukti lain dari penerapan system pengobatan bekam di kalangan bangsa Persi dan Arab Kuno.

Jejak sejarah ini untuk merunut proses transformasi pengobatan bekam secara langsung atau tidak langsung hingga akhirnya merambah ke bangsa Arab Kuno dan dikenal Rasulullah, hamba Allah paling sempurna sebagai panutan semua umat manusia. Dengan logika sederhana, karena efektifitas pengobatan bekam, maka Rasulullah diperintahkan Allah untuk menyebarkan bekam, memerintahkan, meminta bekam saat beliau sakit dan menaruh perhatian yang sangat besar terhadap orang-orang yang membekam beliau. Jika tidak, tentu Allah dan Rasul-Nya tidak akan menaruh perhatian kepada bekam, wallahu a’lam bish-shawab.

TEKNIS PROSES BEKAM

Mari kita lihat langkah-langkah proses pembekaman

  1. Pra-persiapan: Kulit pasien dibersihkan dan diolesi minyak atau zaitun untuk membantu kop bergerak lebih mudah di permukaan kulit.
  2. Pemasangan Kop atau Cangkir: Kop atau Cangkir yang terbuat dari plastik atau kaca ditempatkan di atas kulit pasien. Udara di dalam cangkir dihisap keluar untuk menciptakan tekanan negatif yang menyebabkan kulit terangkat dan merangsang aliran darah ke area tersebut.
  3. Pemijatan atau Penarikan Kop atau Cangkir: Kop atau Cangkir bisa dibiarkan tetap menempel di tempatnya atau dijaga dalam gerakan pemijatan ringan. Proses ini dapat berlangsung beberapa menit.
  4. Pemindahan Kop atau Cangkir: Setelah terapi selesai, cangkang dilepaskan dengan mudah dari kulit.

MANFAAT BEKAM

Meningkatkan daya tahan tubuh yang baik

Manfaat yang paling utama dari bekam adalah untuk melancarkan aliran darah. Ketika aliran darah optimal, maka daya tahah tubuh seseorang akan menjadi lebih optimal. Hal ini membuat imunitas yang baik ini adalah respon imun tubuh yang berfungsi mencegah paparan bakteri dan virus.

Mengatasi berbagai penyakit

Para peneliti telah memperlajari bekam terutama di Negara China, dan mereka menemukan beberapa manfaat untuk dari kondisi seperti : kecemasan, depresi, sakit punggung, varises, tekanan darah tinggi , eksim, jerawat, radang sendi, fibromyalgia, diabetes, anemia, insomnia, asam urat.

Mengurangi peradangan

Dari berbagai penyakit terjadi akibat adanya peradangan dalam tubuh dan bisa membaik dengan melakukan bekam salah satunya arthritis ( pembekakan dan nyeri yang dirasakan pada satu sendi atau lebih) , hal ini di lansir dari Journal of Advanced Pharmaceutial Technology and Research yaitu terdapat sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi efek terapi bekam dengan penyakit radang sendi.

Hasilnya, terapi bekam menunjukkan hasil yang efektif dan signifikan  untuk mengurangi peradangan pada radang sendi, menghilangkan nyeri, hingga menurunkan kekakuan pada sendi. 

Penelitian bekam ini terus berlangsung dan berkelanjutan untuk mengonfirmasi manfaat dari terapi ini. Tujuannya untuk mendukung kesehatan atau penyembuhan dari penyakit.

NAMA TITIK-TITIK NABAWI DAN POSISINYA

Ummu Mughits atau Mughitsah atau Munqidzah atau Nafi’ah

Posisi titik Ummu Mughits di bagian tengah atas dari kepala.² Yakni pertemuan dua garis tengah kepala dari depan ke belakang dan garis lurus antara kedua telinga, yaitu pada sagittal suture di depan posterior fontanelle mengenai parietal foramen.

Al – Hammah

Ada beberapa pengertian tentang makna hammah. Secara umum ketika disebut hammah, maka artinya kepala. Bagian kepala mana pun. Tapi makna yang lebih khusus adalah wasathur-ra’s (bagian tengah kepala) atau a’la ar – ra’s (bagian paling atas dari kepala).

Al-Yaafukh

Pertemuan tulang kepala bagian depan dan belakang, pada posisi ubun-ubun saat kecil yang bergerak-gerak. Ada pula yang berpendapat, posisi antara al-hammah (ummu mughits) dan kening. Kegunaan titik Al-Yafukh adalah sebagai penguat dari titik Ummu Mughits.

Ar-ra’s

Pengertian “ar-ra’s” atau kepala yang dimaksud adalah bagian kepala yang ditumbuhi rambut yaitu pada titik selain Ummu Mughits atau Al-Hammah. Pembekaman pada area kepala dibatasi maksimal 3 (tiga) titik termasuk titik utama yaitu Ummu Mughits atau Al-Hammah dan Al-Yafukh, pelaksanaannya sebaiknya tidak sekaligus tetapi bergantian atau mengikuti kepada kekuatan klien (sesuai kebutuhan).

Al- Akhda’ain

Sebagaimana disebutkan dalam kitab Syarhul-Mashabih, posisinya terletak di sepanjang dua sisi leher di antara kedua pundak di bawah tumbuh rambut. Sementara di dalam kitab Al-Nafatih fi Syarhil-Mashabih disebutkan bahwa posisinya pada pembuluh darah di bagian belakang leher saat dilakukan bekam. Sementara di dalam kitab Tuhfatul-Ahwadzy disebutkan bahwa posisinya pada dua pembuluh darah di samping leher.

Al- Kaahil

Bagian atas dari tulang punggung yang bersambung ke leher, merupakan sepertiga teratas dari tulang punggung yang terdiri dari enam ruas. Dalam penjelasan lain, kahil merupakan pertemuan antara pundak, Nama lainnya adalah ats-tsabaj, al-katad atau al-mudzammar.

Azh-Zhahr

Ini adalah bagian punggung , definisi punggung menurut kamus Bahasa Indonesia S.Wojowasito adalah bagian belakang tubuh dari tengkuk sampai pantat dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBIV) adalah bagian belakang tubuh manusia dari leher sampai tulang ekor.

Mengacu kepada definisi di atas bisa dijabarkan bahwa punggung adalah bagian belakang tubuh manusia yang dimulai dari daerah setelah leher (tengkuk) terus ke bawah hingga daerah pantat bahkan hingga bagian tulang ekor. Area tersebut cukup luas sehingga titik-titik bekam yang mencakup daerah punggung bisa cukup banyak. SOP Bekam PBI memberikan rekomendasi pengambilan titik bekam pada daerah punggung paling banyak (maksimal) adalah sejumlah 8 titik.

Cara penentuan titiknya adalah dengan mengambil titik berpasangan kanan dan kiri, posisi diambil dua jari dari sebelah luar tulang belakang. Titik tersebut yaitu :

a. Azh-Zahrul Ala, posisi pada titik belikat.

b. Azh-Zahrul Washati, posisi sekitar organ liver dan lambung.

c. Al-Qathanul Alawi, posisi di samping ruas  tulang lumbar 1 dan lumbar 2.

d. Al-Qathanul Sufla, posisi samping tulang ekor bagian atas kanan dan kiri.

‘Al-Warik’

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ احْتَجَمَ وَهُوَ مُحْرِمُ مِنْ وَبِي كَانَ بِوَرِكِهِ أَوْ ظَهْرِهِ (أخرجه أحمد، ١٤٢٨٠)

Dari Jabir bin Abdullah bahwa Rasulullah SAW pernah meminta hijamah/bekam dibagian pantat samping atau punggung beliau saat sedang berihram karena rasa sakit yang di alami di bagian tersebut ( Ditakhrij oleh Ahmad 14280 ).

 Maka bagian ini ada di bagian pinggul kiri dan kanan.

Zhahrul-Qadam

Secara harfiah artinya adalah punggung telapak kaki, kiri dan kanan. Zhahrul-qadam berarti punggung telapak kaki, karena makna zhahr adalah punggung, dan makna A-Qadam adalah telapak kaki. Posisinya ada satu jari di atas titik pertemuan antara tulang ibu jari kaki dan jari telunjuk kaki.

Oleh: Muhammad Siddiq putragaluh.cms9@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *